Assalamu’alaikum
Wa Rahmatullahi Wa barakaatuh
Puji dan Syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT
karena kami telah menyelesaikan penyusun materi panduan Praktek Klinik Ilmu Keperawatan
Anak. Materi ini menginformasikan mengenai tujuan mahasiswa melakukan asuhan
keperawatan, kompetensi yang harus dimiliki setelah mahasiswa melakukan asuhan
keperawatan, proses pembimbingan selama mahasiswa melakukan asuhan keperawatan,
proses pelaksanaan praktik asuhan, instrument dan format-format evaluasi yang
diperlukan dalam melihat kinerja mahasiswa selama melakukan asuhan keperawatan.
Akhir kata, penulis mengucapkan terima kasih kepada semua
pihak yang turut membantu penyelesaian Materi ini, semoga Materi Panduan Praktek Klinik
Ilmu Keperawatan Anak ini dapat bermanfaat dan berguna bagi mahasiswa dan
pembimbing dalam praktek Keperawatan Medikal Bedah. Harapan tim penyusun materi ini dapat digunakan sebaik-baiknya dalam pencapaian kemampuan mahasiswa sesuai
dengan tujuan yang diharapkan dan materi pertama ini dapat menjadi awal
pengembangan materi panduan praktek berikutnya. Masukan dari pengguna sangat
diharapkan untuk tim penyusun.
Wassalamu’alaikum,
Wa rahmatullahi Wa barakaatuh
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Informasi
Umum
Mata kuliah Ilmu Keperawatan Anak merupakan sintesis dari
konsep dan prinsip Keperawatan Kesehatan Anak melalui penerapan ilmu dan
tekhnologi keperawatan dalam memberikan asuhan keperawatan pada klien anak dan keluarga
yang sedang atau cenderung mengalami perubahan fisiologi ataupun struktur.
Asuhan yang diberikan didasari pada pendekatan proses keperawatan yang
komprehensif dan berlandaskan pada aspek etika dan legal keperawatan.
Praktek Keperawatan Anak ini mempunyai beban Studi 2 SKS,
semua kegiatan pada Keperawatan Anak ini dilakukan di klinik (rumah sakit).
Kegiatan penunjang seperti presentasi kasus dapat dilakukan diruang berdasarkan
tempat dinas atau tempat lain sesuai kesepakatan antara pembimbing dengan
mahasiswa.
B.
Sistematika
Penulisan
Dalam Materi ini terdiri dari enam bab (Bab I – Bab VI).
Bab I berisi informasi umum mata ajar Ilmu Keperawatan Anak dan sistematika penulisan. Bab II
menampilkan tujuan pembelajaran, kompetensi yang diharapkan dicapai selama dan
setelah proses pembelajaran dan materi yang diberikan selama proses belajar
mengajar. Bab III menjelaskan proses bimbingan klinik, yang meliputi: metode
bimbingan, tata tertib dalam menjalankan praktik Ilmu Keperawatan Anak, dan tempat praktik yang
digunakan. Bab IV menjelaskan proses pelaksanaan praktik, termasuk kaitannya
dengan kompetensi. Bab V berisi ketentuan mengenai proses evaluasi, dan Bab VI
merupakan penutupan.
Dalam Materi ini juga dilengkapi dengan lampiran
format-format yang biasa digunakan oleh mahasiswa dalam melaksanakan praktik
Ilmu Keperawatan Anak. Selain itu pada materi ini juga dijelaskan mengenai tata tertib selama
praktik, baik bagi mahasiswa maupun pembimbing klinik.
Lanjutkan Membaca ke BAGIAN 2A : PANDUAN PRAKTEK KLINIK ILMU KEPERAWATAN ANAK