BAGIAN 1 : PANDUAN PRAKTEK KLINIK ILMU KEPERAWATAN ANAK

Assalamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa barakaatuh

Puji dan Syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena kami telah menyelesaikan penyusun materi panduan Praktek Klinik Ilmu Keperawatan Anak. Materi ini menginformasikan mengenai tujuan mahasiswa melakukan asuhan keperawatan, kompetensi yang harus dimiliki setelah mahasiswa melakukan asuhan keperawatan, proses pembimbingan selama mahasiswa melakukan asuhan keperawatan, proses pelaksanaan praktik asuhan, instrument dan format-format evaluasi yang diperlukan dalam melihat kinerja mahasiswa selama melakukan asuhan keperawatan.

Akhir kata, penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu penyelesaian Materi ini, semoga Materi Panduan Praktek Klinik Ilmu Keperawatan Anak  ini dapat bermanfaat dan berguna bagi mahasiswa dan pembimbing dalam praktek Keperawatan Medikal Bedah. Harapan tim penyusun materi ini dapat digunakan sebaik-baiknya dalam pencapaian kemampuan mahasiswa sesuai dengan tujuan yang diharapkan dan materi pertama ini dapat menjadi awal pengembangan materi panduan praktek berikutnya. Masukan dari pengguna sangat diharapkan untuk tim penyusun.

Wassalamu’alaikum, Wa rahmatullahi Wa barakaatuh



BAB I
PENDAHULUAN

A.            Informasi Umum

Mata kuliah Ilmu Keperawatan Anak merupakan sintesis dari konsep dan prinsip Keperawatan Kesehatan Anak melalui penerapan ilmu dan tekhnologi keperawatan dalam memberikan asuhan keperawatan pada klien anak dan keluarga yang sedang atau cenderung mengalami perubahan fisiologi ataupun struktur. Asuhan yang diberikan didasari pada pendekatan proses keperawatan yang komprehensif dan berlandaskan pada aspek etika dan legal keperawatan.

Praktek Keperawatan Anak ini mempunyai beban Studi 2 SKS, semua kegiatan pada Keperawatan Anak ini dilakukan di klinik (rumah sakit). Kegiatan penunjang seperti presentasi kasus dapat dilakukan diruang berdasarkan tempat dinas atau tempat lain sesuai kesepakatan antara pembimbing dengan mahasiswa.

B.            Sistematika Penulisan

Dalam Materi ini terdiri dari enam bab (Bab I – Bab VI). Bab I berisi informasi umum mata ajar Ilmu Keperawatan Anak dan sistematika penulisan. Bab II menampilkan tujuan pembelajaran, kompetensi yang diharapkan dicapai selama dan setelah proses pembelajaran dan materi yang diberikan selama proses belajar mengajar. Bab III menjelaskan proses bimbingan klinik, yang meliputi: metode bimbingan, tata tertib dalam menjalankan praktik Ilmu Keperawatan Anak, dan tempat praktik yang digunakan. Bab IV menjelaskan proses pelaksanaan praktik, termasuk kaitannya dengan kompetensi. Bab V berisi ketentuan mengenai proses evaluasi, dan Bab VI merupakan penutupan.

Dalam Materi ini juga dilengkapi dengan lampiran format-format yang biasa digunakan oleh mahasiswa dalam melaksanakan praktik Ilmu Keperawatan Anak. Selain itu pada materi ini juga dijelaskan mengenai tata tertib selama praktik, baik bagi mahasiswa maupun pembimbing klinik.



Subscribe to receive free email updates: