BAGIAN 2A : PANDUAN PRAKTEK KLINIK ILMU KEPERAWATAN ANAK


BAB II
TUJUAN DAN KOMPETENSI


A.       TUJUAN PRAKTEK

1.   Tujuan Instruksional Umum

Mahasiswa mampu memberikan asuhan keperawatan yang komprehensif dengan didasari pada ilmu dan tekhnologi keperawatan serta etika dan aspek legal keperawatan pada klien dewasa dan anak-anak yang mengalami gangguan kebutuhan dasar manusia ataupun gangguan kesehatan pada area bidang Ilmu Keperawatan Anak.

2.   Tujuan Instruksional Khusus

Bila dihadapkan pada klien anak yang mengalami gangguan kesehatan pada area Ilmu keperawatan Anak, mahasiswa mampu:

1.   Melakukan pengkajian

Ø Mengkaji secara holistik data-data yang didapat melalui wawancara pada klien dan keluarga, pemeriksaan fisik catatan medis dan catatan keperawatan yang digunakan dilahan praktik

Ø Mengidentifikasi dan membedakan data-data normal dan data-data patologis

Ø Mengelompokkan data patologis sesuai dengan gangguan pemenuhan kebutuhan dasar manusia atau sesuai dengan gangguan system tubuh 


2.      Menentukan tujuan keperawatan

Ø Menentukan tujuan berdasarkan NOC

Ø Menetapkan kriteria pencapaian tujuan


3.      Merumuskan diagnosis keperawatan

Ø Merumuskan diagnosis keperawatan sesuai dengan analisis data yang didapat berdasarkan data objektif dan subyektif yan tepat

Ø Merumuskan diagnosis keperawatan

Ø Menentukan prioritas diagnose keperawatan


4.      Merencanakan tindakan keperawatan

Ø Menetapkan tindakan-tindakan keperawatan yang tepat dalam mengatasi masalah

Ø Menetapkan tindakan-tindakan keperawatan yang mencakup: tindakan observasi keperawatan, terapi keperawatan, pendidikan kesehatan, dan tindakan kolaborasi

Ø Memberikan rasionalisasi dari setiap tindakan yang direncanakan


5.      Implementasi tindakan keperawatan

Ø Melaksanakan tindakan keperawatan yang telah direncanakan sesuai dengan standar prosedur

Ø Mendokumentasikan asuhan keperawatan yang dilaksanakan


6.      Evaluasi

Ø Mengevaluasi asuhan keperawatan yang diberikan (melakukan tindak lanjut asuhan keperawatan dengan metode evaluasi SOAP)
Ø Memodifikasi diagnosis keperawatan berdasarkan hasil evaluasi

7.   Membuat rencana pendidikan kesehatan termasuk rencana pemulangan klien (discharged planning)

8.      Mediskusikan dengan pembimbing klinik aspek etika dan legal yang terkait dengan asuhan keperawatan anak yang diberikan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BAGIAN 2A : PANDUAN PRAKTEK KLINIK ILMU KEPERAWATAN ANAK"

Posting Komentar