BAGIAN 2B : PANDUAN PRAKTEK KLINIK ILMU KEPERAWATAN ANAK


A.       KOMPETENSI
Kompetensi klinik yang harus dicapai oleh mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah Ilmu Keperawatan Anak adalah memberikan asuhan keperawatan pada klien anak dan keluarganya yang mengalami berbagai macam gangguan system yang umum terjadi berdasarkan keilmuan yang terkait dengan ilmu keperawatan anak.

Kompetensi yang harus dicapai ini terdiri dari 6 elemen kompetensi yang saling terkait. Berikut ini merupakan elemen kompetensi dan kriteria penampilan kerja dari tiap elemen.

Elemen Kompetensi
Kriteria Penampilan Kerja
1.       Melakukan pengkajian keperawatan termasuk pemeriksaan fisik dan data-data penunjang secara holistik
a.       Data pengkajian keperawatan didokumentasikan secara sistematis dan komprehensif pada format dokumentasi yang ditetapkan
b.       Tekhnik pemeriksaan fisik, didokumentasikan secara akurat
c.       Tekhnik komunikasi terapeutik terus menerus dipertahankan selama melakukan pengkajian
2.       Menganalisis dan menetapkan diagnosis keperawatan dengan tepat
a.       Menetapkan diagnosis keperawatan yang tepat pada kasus-kasus yang umum terjadi pada klien anak
b.       Diagnosis keperawatan ditetapkan sesuai dengan rumusan PES
c.       Diagnosis keperawatan yang ditegakkan menggambarkan penggunaan konsep patofisiologi, biokimia, farmakologi, diet dan konsep-konsep keperawatan
d.       Diagnosis keperawatan ditetapkan sesuai dengan prioritas
e.       Diagnosis keperawatan yang akurat terdokumentasi
3.       Menetapkan tujuan perawat dan rencana tindakan keperawatan
a.        Tujuan yang realistic ditetapkan dalam rencana keperawatan
b.       Kriteria tujuan ditetapkan secara rasional
c.        Intervensi keperawatan didokumentasikan
d.       Intervensi keperawatan ditetapkan sesuai dengan standar intervensi
e.        Menetapkan intervensi keperawatan yang meliputi: monitoring/terapi keperawatan kolaborasi dan pendidikan kesehatan
f.         Intervensi keperawatan yang direncanakan merefleksikan pemahaman terhadap prinsip-prinsip patofisiologi, farmakologi, ilmu diet, dan konsep-konsep keperawatan
4.       Melakukan tindakan keperawatan yang direncanakan
a.       Senantiasa memperhatikan praktik keperawatan yang aman bagi klien dan keluarganya
b.       Senantiasa mempertahankan tekhnik aseptic yang diperlukan
c.       Mendemonstrasikan secara tepat tindakan keperawatan untuk:
1.       Mempertahankan/meningkatkan efektifitas jalan nafas
2.       Mempertahankan/meningkatkan pola nafas yang efektif
3.       Mempertahankan/meningkatkan difusi yang adekuat
4.       Mempertahankan/meningkatkan hemodinamik yang adekuat
5.       Mempertahankan/meningkatkan status cairan dan elektrolit yang adekuat
6.       Mempertahankan/meningkatkan status nutrisi
7.       Mempertahankan/meningkatkan fungsi neurologis
8.       Mempertahankan/meningkatkan status imunologis
9.       Mempertahankan/meningkatkan integritas kulit yang adekuat
10.    Mempertahankan/meningkatkan status psikososial yang menunjang proses penyembuhan klien
11.    Meningkatkan pengetahuan klien/keluarga

5.       Mengevaluasi asuhan keperawatan yang diberikan
a.        Melakukan evaluasi setiap hari
b.       Menggunakan sistematika SOAP dalam melakukan evaluasi
c.        Memodifikasi rencana keperawatan sesuai kebutuhan
d.       Semua evaluasi terdokumentasi pada format yang telah ditetapkan
6. Senantiasa memperhatikan praktik keperawatan yang professional berdasarkan etik dan legal keperawatan
a.        Menyampaikan ide dan pendapat sesuai dengan refensi
b.       Menunjukkan kesiapan diri sebelum praktek klinik
c.        Mengenali kekuatan dan kelemahan diri
d.       Melaksanakan tanggungjawab yang diberikan
e.        Senantiasa mempertahankan ketepatan waktu
f.         Menggunakan seragam sesuai dengan ketentuan
g.        Senantiasa berperilaku etis dalam memberikan asuhan keperawatan
h.       Senantiasa berperilaku etid dalam berhubungan dengan teman, pembimbing dan tenaga kesehatan
i.         Senantiasa mempertimbangkan aspek legal dalam memberikan asuhan keperawatan
j.         Senantiasa menggunakan ilmu pengetahuan sebagai dasar melakukan tindakan keperawatan
k.       Menunjukkan efektifitas dan efisiensi dalam menggunakan sumber-sumber yang tersedia


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BAGIAN 2B : PANDUAN PRAKTEK KLINIK ILMU KEPERAWATAN ANAK"

Posting Komentar