7 tips mengirim pesan yang beretika baik kepada dosen

Dampak dari perkembangan zaman dimana mulai lunturnya adab dan etika manusia saat ini. Seiring dengan perkembangan zaman banyak hal baru sebagai penunjang kehidupan umat manusia dalam hal ini diantaranya teknologi. Nah dengan berkembangnya teknologi yang di suguhkan kepada umat manusia seiring dengan waktu adab dan etika yang dimiliki oleh umat manusia juga mulai luntur bahkan generasi yang lahir di tahun 1990 sampai ke tahun 2000 sangat lah terlihat jelas.

Fenomena diatas juga berdampak bagi kalangan mahasiswa dimana mahasiswa merupakan usia yang bisa dikatakan mulai mapan dalam mencari jati diri. Sebagai mahasiswa tentu akan berhadapan dengan Dosen, apakah itu mahasiswa yang baru masuk semester awal, atau mahasiswa pertengahan bahkan mahasiswa tingkat akhir yang mana sangat tergantung kepada dosen pembimbing.

Apakah anda seorang mahasiswa,.?? Berikut ini saya akan coba memberikan 7 tips mengirim pesan yang beretika baik kepada dosen, dalam tips ini saya asumsikan bahwa anda akan menghubingi dosen, baik itu dosen Mata Kuliah karena anda seorang SIPEN, atau Dosen Pembimbing skripsi bagi anda mahasiswa tingkat akhir, melalui Pesan Singkat SMS, BBM, WhatsApp (WA), E-mail. Atau Sosial Media Lainnya.

Ok langsung saja ya…

1.        Perhatikan Waktu Pengiriman Pesan.

Etika yang baik dalam mengirimkan pesan kepada dosen adalah pada hari kerja dan jam kerja. Hal ini haruslah anda perhatikan, karena jika anda mengirimkan pesan diluar jam dan hari kerja tentunya banyak hal yang harus anda ketahui, apakah dosen mempunyai kesibukan lain, atau sedang berlibur bersama keluarganya.

INGAT ya… Jangan anda mengirimkan pesan di malam hari karena dapat menggangu waktu istirahat dosen. Kirimlah pesan anda disiang hari pas jam kerja OK. 

2.        Gunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Etika yang baik dalam mengirim pesan yaitu menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Saat mengetik pesan harus diperhatikan bahasanya ya.. bukan kah sejak sekolah di tingkat SD, SMP dan SMA sudah belajar EYD Bahasa Indonesia yang baik dan benar..??? jangan sampai menggunakan Bahasa keseharian dengan teman teman anda atau sering kita sebut dengan bahasa Gaul ( ALAY ).

3.        Dimulai dengan Sapaan

Etika yang baik dalam mengirimkan pesan kepada dosen dapat dimulai dengan sapaan. Bagi anda mahasiswa yang Muslim sebaiknya ucapkan salam “ Assalamu’alaikum “ ingat jangan disingkat ya.. dan bagi anda mahasiswa yang Non Muslim dapat menggunakan kalimat “ Selamat Pagi” atau Selamat Siang”

4.        Tuliskan Identitas Anda

Nah ini penting, terkadang kita lupa mencamtumkan identitas kita pada saat mengirim pesan itu karena anda sedang berkomunikasi dengan sahabat, teman, atau pacar hehe yang punya tapi,, sebaiknya jangan pacaran ya.

5.        Tuliskan Keperluan dengan Jelas dan Singkat

Tuliskan pesan anda dengan singkat dan jelas, jangan sampai bertele-tele atau kepanjangan sehingga Dosen anda bisa langsung mengerti apa yang anda maksudkan.

6.        Ucapkan Maaf untuk menunjukkan kerendahan Hati Anda

Sebagai bentuk penghormatan kepada dosen anda atas menggangu waktunya, gunakan kata maaf di awal atau di akhir pesan anda.

7.        Akhiri dengan Ucapan Terima Kasih.

Sebaiknya setiap pesan anda di akhiri dengan ucapan terimakasih sebagai contoh
Assalamu’alaikum pak, saya akang mahasiswa Keperawatan STIKes Aisyah semester 8, maaf pak saya mau menanyakan apakah besok bapak ada waktu untuk bimbingan skripsi? Terima kasih
Itulah 7 tips mengirim pesan yang beretika baik kepada dosen. Semoga artikel ini dapat membantu memperlancar penyusunan skripsi anda. Untuk mendapatkan respon yang baik dari dosen anda silahkan coba tips ini ya..

Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "7 tips mengirim pesan yang beretika baik kepada dosen"

  1. mungkin hal itu dilakukan kepada dosen yang sudah senior,,,,ada beberapa dosen dikampus saya yang menganjurkan anak didiknya mengnganggap dirinya (dosen) layaknya seorang teman...keren artikelnya gan....

    BalasHapus
  2. Nah ini dia gan yang saya cari cari, akhirnya ketemu juga, makasih :)

    BalasHapus
  3. Saya juga seperti itu gan kalau berkomunikasi dengan dosen melalui sms atau email. Namun ada beberapa dosen yang membalas dengan seenaknya aja dan malah ga sesuai dengan bahasa Indonesia. Apa pun itu, dosen tetap yang paling benar. Hehe... Nice share gan.

    BalasHapus
  4. nice info gan, mau saya coba buat minta ijin ke dosen kalau keadaan darurat lewat SMS :D

    BalasHapus
  5. ijin coba ke dosen ane gan xixi :D

    BalasHapus
  6. wah saya kadang juga gitu sebelumnya minta maaf sesudahnya ucapin terimakasih tapi kadang ada juga dosen killer saya yang gak nerima sms klo butuh suruh telpon

    BalasHapus
  7. seeeep nambah ilmu lagi...... Very nice article... :D

    BalasHapus
  8. Bagus nih...untuk masa depan ane...

    BalasHapus
  9. Bermanfaat banget sich gan, tapi sayang saya masih SMA,,

    BalasHapus