SERUUU......!!! Berburu Durian di Gunung Margosari Kecamatan Pagelaran, Pringsewu Lampung

DURIAN ya buah ini sangat lah khas dengan tampilan luar yang mengerikan dan berduri tajam membuat kita enggan untuk menyentuhnya anda pun akan berfikir 2 kali,, TAPI.... dibalik duri duri yang tajam didalamnya terdapat daging buah yang sangat sangat NIKMAT dengan aroma yang tajam membuat anda penikmat buah ini menjadi ketagihan.

Dengan melihat banyaknya penjual buah durian ini di pinggir jalan, saya pun berinisiatif menanyakan asal buah durian yang dijual di sekitar Tugu Bambu Kota Pringsewu Lampung, ternyata sebagian besar durian yang dijual bersal dari Gunung Margosari Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu Lampung. ada juga yang berasal dari Kota Agung Tanggamus.

Setelah banyak mendapatkan info lokasi dan rute perjalanan menuju Gunung Margosari, saya dan teman teman satu kantor kemudian menentukan waktu untuk Berburu Durian ke Gunung Margosari, selain mencari buah durian sekalian touring melepas kepenatan akibat pekerjaan sehari hari di kantor.

Hari Minggu, (13-12-2015) adalah hari yang telah disepakati untuk Berburu Durian ke Gunung Margosari. Tim Berburu Durian kali ini terdiri dari : Achmad AminudinAkang Putra, Ardinata, Giri Susanto, Hamid Mukhlis, Imam dan Tri Adi Nugroho, basecamp pertama yaitu di rumah saya Akang Putra di Desa Siliwangi Kecamatan Sukoharjo Pringsewu Lampung, kami berkumpul sampai dengan jam 07:30 WIB kemudian berangkat menuju Gunung Margosari.

Perjalanan dimulai dengan rute perjalanan Basecamp pertama Desa Siliwangi - Sukamulya - Banyumas - Banyuwangi - Margosari.


Basecamp kedua tepat di ujung jalan aspal disini ada pertigaan, berhenti sejenak di gardu (pos kamling) desa Margosari. setelah ujung jalan aspal baru lah menapaki jalan setapak.


Disepanjang perjalanan menyusuri tepian hutan sudah disuguhi pemandangan yang sangat indah, perkebunan warga seperti kebun kakao, karet juga sawah sawah di tepi hutan yang tampak curam jika dilihat dari jalan dan yang menarik kebun kebun milik warga ini banyak ditanami pohon Durian.

Perjalanan dari basecamp ke dua yaitu pertigaan jalan ujung aspal tadi memakan waktu kurang lebih 1 - 1,5 jam. dengan medan yang berfariasi, ada tebing ada yang datar melewati sungai sungai kecil yang airnya sangat jernih.

Setelah sampai di Basecamp ke tiga yaitu di gubuk sederhana di tengah kebun kakao milik bapak lasno disana kami langsung disuguhi Durian. tanpa pikir panjang kami langsung menyantapnya dengan lahap.


Rehat sejenak sambil menikmati suguhan buah durian yang sangat nikmat, kemudian kami mulai menjelajahi kebun untuk mencari durian.


Saking asiknya berpetualang menjelajahi kebun durian tidak terasa hari hujan turun dengan deras kami pun menghentikan petualangan kami dan menuju ke basecamp gubuk pak lasno dengan basah kuyub.


Setelah hujan reda kami bersiap untuk pulang

Yang paling seru yaitu pas perjalanan pulang karena habis di guyur hujan deras, jalan setapak yang tadi kita lewati keras dan kering kini menjadi seperti kubangan dan licin.





Meski Jalan licin dan berlumpur, siap bergegas pulang, saya dan rekan tim pun beberapa kali harus tumbang saat menaklukan jalanan dan mengakui ketangguhan jalan yang licin dan berlumpur. Seruuuuu memang saat berburu durian di gunung Margosari Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu Lampung.

Itulah cerita perjalanan tim Pemburu Durian, saran kami untuk anda yang ingin merasakan medan dan durian di gunung Margosari harap mempersiapkan diri harus sehat, mental harus berani dan tentunya kondisi tunggangan harus fit dengan menggunakan ban yang khusus untuk jalan pegunungan. jangan sampai di perjalanan mogok karena tidak ada bengkel.

Semoga cerita ini dapat menginspirasi anda sebagai referensi untuk menentukan tempat tempat berwisata alam di sela sela rutinitas kepadatan pekerjaan dan di hari libur tentunya.


Foto by Hamid Mukhlis


Subscribe to receive free email updates:

22 Responses to "SERUUU......!!! Berburu Durian di Gunung Margosari Kecamatan Pagelaran, Pringsewu Lampung"

  1. Waduh jalurnya cukup menantang tuh...

    Terlebih kan hujan tuh... haaha, expert nih! kapan2 nyobain ah... :D

    BalasHapus
  2. Ane Bingung Durian Itu bau nya enak,daging nya tebal,enak lagi..
    Tapi kawan ane bilang bau nya menyengat kaya Parfum gitu -_-

    BalasHapus
  3. wah mantep tuh, ngetrip berburu durian. saya juga suka banget durian.

    BalasHapus
  4. masih ada durianya mas,, berbagilah,, hehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap gan kalo mau ke pringsewu lampung nanti saya ajak ke kebunnya

      Hapus
  5. Wah kayaknya seru tuh, perjalanannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sungguh luar biasa... butuh mental untuk menaklukkan medannya

      Hapus
  6. Touring kesana dari tangerang berapa jam yaa...

    BalasHapus
  7. hasek... kayanya seru banget itu gan...

    BalasHapus
  8. Wah seru tuh kayak nya, jalan jalan, hehehehe, boleh kahsaya iktu???

    BalasHapus
  9. Paling seneng tuh kalau ada durian terus makannya pinggir jalan

    BalasHapus
  10. Wah, perjalanan yang seru, mantap kang..
    Jangan lupa bgi durian'a ya kang :D

    BalasHapus
  11. Wah, perjalanan yang seru, mantap kang..
    Jangan lupa bgi durian'a ya kang :D

    BalasHapus
  12. wah seru tuh menantang jalan yg licin
    ngomong2 duri duriannya tajam kagak kang?

    BalasHapus
  13. Waduhh seruu kayanya berburunya tuh, kaya jalan jalan men :D

    BalasHapus